Kamis, 27 September 2007

Tuhanku : Teologinya jemaat awam

Dalam suatu diskusi di forum Warung Teologi (Warteg) Serpong, kami sharing tentang Tuhan menurut versi dan pengalaman hidup masing-masing peserta. Siapakah Tuhan kita itu?

Seorang peserta bercerita bahwa Tuhan yang dia rasakan adalah mirip Satpam. Karena Dia menjaga dan membuatnya menjadi berani sebagai seorang security untuk kerja shift malam. Bayangkan, asset perusahaan yang harus di jaga bisa bernilai milyar-an. Sedangkan postur tubuhnya kecil, namun dia menjadi berani tanpa ada rasa takut lagi karena ada Tuhan yang menjaganya. Tuhan adalah Satpam.

Peserta lainnya yang berbadan tegap dan memang dulunya tukang berantem, bercerita bahwa dia pernah masuk rumah sakit karena kepalanya harus dijahit setelah dipukul balok oleh para pengeroyoknya. Dia tidak pernah takut untuk berkelahi dengan siapa pun, karena ada Tuhan sebagai panglima perangnya. Lagu rohani Laskar Kristen Maju, rupanya menjadi sumber inspirasinya. Tuhan adalah panglima perang.

Seorang ibu bercerita tentang kasih dan kelembutan Tuhan yang dia rasakan. Nah, ibu ini rupanya lebih merasakan Tuhan yang bersifat keibu-ibuan. Dia bertanya kepada peserta lain dalam forum diskusi itu : “Apa Tuhan itu sebenarnya wanita ya?” Mungkin Tuhan adalah Ibu-ibu (??).

Nah, bagaimana dengan Anda?
Bagaimana Tuhan menurut Anda?
Tuhan seperti apa yang Anda rasakan?


27 Sept. '07

Tidak ada komentar: